Kuantitas dan Kualitas Nilai Ibadah

Bismillaahirrahmaanirrahiim



Kuantitas dan Kualitas Nilai Ibadah image: pixhere.com

Kuantitas itu volume yang mengisyaratkan kerja keras dalam sebuah tata karya. Kuantitas tata karya ibadah adalah sebuah latihan mengekspresikan rasa syukur kepada Allah atas segala pemberian-Nya yang tak perneh bisa ditolak. Kualitas adalah dampak yang secara otomatis muncul dari keberlangsungan tata karya yang dilakukan dengan kuantitas yang proporsional. Kualitas atau nilai sebuah ibadah bisa muncul karena kuantitas yang dijalankan secara kontinyu dan dilakukan dengan kesabaran.

Jadi, jika ingin memperoleh sebuah kualitas, sejatinya tidak boleh mengabaikan kuantitas yang menjadi syarat utama yang harus dilakukan. Kualitas tidak begitu saja muncul manakala sebuah perbuatan dilakukan. Kualitas seorang mu'min akan meningkat seiring dengan jam terbang cara menyikapi dan apresiasi terhadap persoalan yang dihadapi. Mustahil kualitas dapat diraih, jika kuantitas ditinggalkan. Kualitas adalah ruh atau inti dari sebuah perbuatan yang dilakukan dengan hitungan kuantitas tertentu.

Rasulullah SAW pun menjadi Kekasih Allah, karena memiliki kualitas paling unggul setelah bertubi-tubi dihadapkan pada kuantitas persoalan yang mengalir tak pernah berhenti. Dan Allah sangat tahu bahwa Rasulullah SAW dapat melewati berbagai ujian di sepanjang hayatnya, karena kualitasnya sebagai Hamba Allah, memang teruji.

Semoga bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url